Senin, 10 Juni 2013

Candi Ijo, akhirnya bertemu denganmu

     Minggu, 2 Juni 2013

     Kembali lagi 'mbolang' bersama dudulers :). Setelah browsing di internet dan dapet informasi yang cukup dari teman-teman yang suka muter-muter juga akhirnya dapat lokasinya (terima kasih :)). Tempatnya masih disekitar Candi Ratu Boko tepatnya di  Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi Candi Ijo ini yang merupakan candi Hindu berada cukup tinggi, jalan menuju kesana menanjak. Dari Candi Ijo ini dapat dilihat pemandangan yang sangat indah, dapat juga dilihat lapangan terbang Adi Sucipto. Waktu aku kesana tempat ini sedang dibangun, hanya ada 1 candi utama dan 3 candi yang lebih kecil yang tampak utuh. Agak kebawah masih banyak candi-candi kecil yang berserakan dan masih dalam proses pemugaran.
1 Candi utama dan 3 Candi yang lebih kecil
     Di dalam ke empat candi ini terdapat Lingga Yoni yang menjadi ciri khas dari candi-candi Hindu. 3 Candi yang lebih kecil menghadap ke candi utama. Untuk masuk candi ini tidak ditarik uang tiket, kita hanya perlu mengisi buku tamu dan kalau mau bisa kasih uang rokok ke bapak satpam yang setia menjaga pos.

Lingga Yoni disalah satu 3 Candi kecil

    
     Lokasi candi yang berada di dataran tinggi membuat tempat candi ini terasa sejuk dan bahkan sering berkabut kalau musim hujan. Rumput hijau yang dipangkas rapi menambah kesan yang asri pada tempat ini. Kami sempat diserang hujan dan kabut dalam perjalanan kemari, tapi sampai di lokasi hujannya mereda dan kabut hilang membuat suasana menjadi syahdu wkwkwkwkwk :)




   
     Aku sempat bertanya kepada bapak satpam kapan kira-kira candi ini selesai dipugar, tapi kata pak satpam belum pasti. Suatu saat nanti kalau Candi ini sudah selesai dipugar aku pasti kembali mengunjungi lagi. Tempat yang indah. Semoga pemugaran cepat selesai.
Bagian depan Candi Utama






     
     Akhir kata, cintailah pariwisata Indonesia dan jagalah selalu peninggalan-peninggalan nenek moyang kita. Seperti biasa pesan yang sangat penting sekali : Jangan buang sembarangan dan jangan coret-coret disini!!!!!

Kucing lucu yang tiba-tiba datang menyapa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar