Kamis, 20 Juni 2013

Candi Banyunibo

Minggu, 02 Juni, 2013

     Hello again semuanya. Mau bagi-bagi cerita lagi nih. Masih di seputar candi-candi kompleks Prambanan. Candi yang satu ini relatif mudah dijangkau jika dibandingkan dengan Candi Barong atau Candi Ijo yang letaknya jauh lebih tinggi. Arah untuk mencapai Candi Banyunibo ini sama seperti kalau mau ke Candi Ratu Boko, jadi selama perjalanan ikuti saja papan petunjuk ke Candi Ratu Boko. Candi Banyunibo ini terletak di Desa Cepit, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Perempatan
Pos Satpam Candi
     Untuk dapat masuk ke Candi ini akan ditarik uang retribusi sebesar Rp. 2.000,- per orang. Seperti Candi-candi sekitar Prambanan yang lain, Candi Banyunibo cukup terawat dan bersih. Candi ini merupakan candi Budha yang dapat dilihat dari puncak candinya yang berbentuk stupa. Candi ini terdiri dari 1 ruangan saja. Sekarang ruangan ini kosong, tapi dulunya ada beberapa patung Budha. Ada beberapa candi kecil yang disebut candi Perwara disekitar Candi utama tetapi sampai sekarang belum dapat di bangun kembali karena sulit untuk menentukan bentuk candinya.
     


Si Gagah Blue di depan Candi Banyunibo


Bagian dalam Candi
    
Jendela Candi



     Candi Banyunibo ini seperti candi-candi di sekitar Prambanan dan Borobudur merupakan Candi peninggalan Mataram Kuno. Sayang sekali sejarah dan siapa yang membangun candi ini tidak diceritakan secara detail. Seperti yang kita tahu Kerajaan Mataram Kuno meninggalkan Jawa Tengah dan beralih ke Jawa Timur diperkirakan salah satunya karena letusan gunung Merapi. Jadi mungkin banyak benda-benda yang bisa menguak sejarah candi-candi ini terkubur atau bahkan hancur.




Arca Lembu
     Candi Banyunibo candi yang cantik menurutku, karena bentuknya yang lebar dan tidak terlalu besar aku membayangkannya seperti ibu yang penuh kasih (karanganku sendiri hehehehehehe).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar