Kamis, 06 Juni 2013

Candi Barong (Kabupaten Sleman)

     Sebenarnya sudah cukup lama aku berkunjung ke Candi Barong ini, tapi baru sekarang bisa aku posting. Candi Barong yang merupakan candi Hindu ini terletak di kompleks candi Ratu Boko, tepatnya di Dusun Candisari, Kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Ternyata masih ada beberapa candi lagi disekitar sana. 
     Sudah seumur gini baru 'nggagas' kalau banyak candi-candi di daerah sleman dan sekitarnya. Semoga bisa mengunjunginya satu per satu..amin. Menurutku candi-candi itu layak dan harus dikunjungi. Menurut apa yang aku baca dari internet candi ini merupakan candi pemujaan untuk Dewa Wisnu dan istrinya Dewi Sri yang merupakan dewi kesuburan. Jalan untuk menuju candi tersebut relatif mudah. Dari Candi Prambanan belok kiri saja dan cari jalan arah ke Candi Boko, banyak plang Candi Boko jadi jangan khawatir tersesat. Setelah ketemu Candi Boko masih lurus lagi. Ikuti saja plangnya dan jangan lupa...jangan malu bertanya kepada orang-orang sekitar. Sebenarnya ini seni mbolangnya, menurutku seru sih kalau pergi ke suatu tempat yang harus pake acara nyasar dan bertanya sana-sini. Bukan berarti aku tidak menyukai GPS fitur yang ada di Galaxy Y ku lho. Kalau nyasar kejauhan juga ga baik..hehehe...
Tampak Depan
      Sayang sekali, seperti candi-candi yang lain, informasi tentang sejarah Candi Barong ini tidak tersedia di papan informasi candi. Jadi kalau tidak browsing dulu pasti tidak tahu sejarahnya. Bukan sejarah bagaimana candi ini ditemukan lho ya, tapi sejarah tentang siapa yang mendirikan, masa apa, dan digunakan untuk apa.
      Untuk di Candi Barong ini tidak ditarik biaya tiket masuk. Kita hanya perlu mengisi buku tamu dan bisa langsung masuk. Tempatnya rapih, rumputnya terawat. Kata bapak satpam yang budiman, tempat itu selalu dirawat orang setiap hari kecuali hari Sabtu dan Minggu. Seneng dengernya kalau tempat ini dirawat (^_^). Satu lagi yang bagus, banyak tong sampah disana hehehehe, jadi lingkungan bersih. Kalau sampai ada yang buang sampah sembarangan berarti kebangeten orangnya. Bagi bapak-bapak, ibu-ibu, adik-adik, mas-mas, mbak-mbak, tolong jangan buang sampah sembarangan (himbauan yang sering di acuhkan (-_-")).

Jangan lupa juga harus narsis bersama

    
Waktu kami kesana sepi sekali, hanya ada 2 pengunjung lain. Jadi serasa dirumah sendiri. Aku sempat main lari-larian gaya India disana..hehehehe...rasanya adem ayem disana.
Gaya yang aneh


Dua candi untuk Dewa Wisnu dan Dewi Sri
      Ini foto yang dibawah ini tidak di edit dan tidak pakai efek tertentu di cameranya. Ini pakai camera hp trus pas cameranya aku kasih kacamata coklat hahahahaha..jadinya not bad at all kan :p

Candi Barong di sore hari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar