Rabu, 07 Mei 2014

Jangan "ngaku" wisatawan yang sopan jika masih "doyan" buang sampah sembarangan.

   
 "KEBERSIHAN ADALAH SEBAGIAN DARI IMAN"

     Akhir-akhir ini aku jadi semakin pesimis tentang kebersihan tempat-tempat wisata dan bahkan kebersihan gunung-gunung di Indonesia. Entah semenjak kapan orang-orang Indonesia ini suka sekali buang sampah sembarangan dan tidak tau apa alasannya mereka lebih suka sampah bertebaran dimana-mana daripada kebersihan. Sempat terpikir olehku mungkin kebanyakan orang-orang ini terbiasa semenjak dulu memiliki kebiasaan primitif. Jaman dulu hampir semua dibungkus dengan daun dan setelah digunakan akan dibuang begitu saja, jadi sampai sekarang masih seperti itu. Kalau daun sih mudah terurai, lha kalau sampah plastik? Itu sampai cucu kita mati saja belum tentu sudah terurai 100%.

     Ada sebuah pengalaman yang membuat hati kecut waktu aku bantu bersih-bersih salah satu wisata alam di Jawa Tengah. Waktu itu sampah bertebaran dimana-mana dan orang-orang di sekitarnya tidak merasa risih malah dengan santai membuang sampah sembarangan. Waktu aku pungut sampah-sampah dan memasukkannya ke trash bag ada yang bertanya padaku "Mbak, ada acara apa ya kok bersih2 sampah?" dan dengan sabar kujawab "Memangnya harus ada acara khusus ya untuk buang sampah pada tempatnya?". Orang itu hanya nyengir dan kembali tak peduli.

     Ada baiknya jika anda sekalian masih gemar buang sampah sembarangan, sebaiknya jangan datang ke tempat-tempat wisata dan gunung-gunung Indonesia. Hentikan dulu kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah di tempat wisata alam dan gunung-gunung. Anda mungkin tidak merasakan kerugiannya sekarang, tetapi nantinya jika alam sudah rusak baru anda merasa rugi.

     Sopanlah terhadap alam karena alam adalah harta bagi kita. Jika anda menganggap pendapat saya ini adalah hal yang tidak penting dan anda tetap membuang sampah sembarangan berarti anda adalah orang yang kurang beriman karena "Kebersihan adalah sebagian dari iman"  hanya menjadi sebuah kata-kata yang tak berarti. Cintailah alam maka alam akan memberikan segala yang kita butuhkan.

Lokasi: Curug Semirang, Ungaran, Jawa Tengah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar